Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes – KOMPAS.com – Olah raga merupakan salah satu kebiasaan yang menyehatkan tubuh. Dengan berolahraga, Anda bisa menghilangkan lemak, meningkatkan massa otot, dan mengurangi stres.

Penderita diabetes yang berolahraga dapat mengurangi stres, menurunkan kadar gula darah dan mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin.

Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan aktivitas fisik 150 menit per minggu bagi penderita diabetes.

Diet Diabetes Mellitus (dm)

Pakar diabetes Sue Cotey, RN, CDCES, dan Andrea Harris, RN, CDCES berbagi tips olahraga yang bisa dicoba oleh penderita diabetes.

Jalan kaki dapat dilakukan oleh siapa saja, dan merupakan bentuk olahraga yang populer dan direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Jalan cepat selama 30 menit lima hari seminggu untuk meningkatkan tingkat aktivitas Anda. Kita juga bisa membaginya menjadi 10 menit jalan kaki tiga kali sehari.

Menari tidak hanya baik untuk tubuh. Dengan menghafal langkah-langkah dan urutan tarian, kita meningkatkan kekuatan otak dan memori.

Olahraga Aman Untuk Penderita Jantung

Bagi penderita diabetes, menari adalah cara yang menyenangkan dan menyenangkan untuk meningkatkan aktivitas fisik, menurunkan berat badan, meningkatkan kinerja, menurunkan gula darah dan stres.

Atau menari dengan penggunaan kursi untuk menopang orang-orang dengan kemampuan fisik terbatas menjadi pilihan banyak orang.

Berenang memungkinkan otot meregang dan rileks tanpa membuat sendi menjadi tegang, dan juga baik untuk diabetes.

Sebelum berolahraga, bicarakan dengan dokter Anda untuk memastikan olahraga yang Anda pilih aman dan sesuai untuk jenis diabetes Anda.

Bahaya! Sayuran Ini Ternyata Dilarang Untuk Penderita Diabetes

Dapatkan berita pilihan dan rilis harian dari Kompas.com. Ayo gabung di Grup Telegram “Berita Edukasi Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate, dan gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Berita terkait: Jangan terlalu banyak duduk, diabetes itu tersembunyi. Enam langkah mengubah pola makan untuk mencegah pradiabetes. Inilah sebabnya mengapa obesitas menyebabkan diabetes. Perlu Anda ketahui bahwa ada enam hal yang tidak Anda ketahui bisa menjadi penyebab diabetes. Apa yang Harus Dilakukan Pasien Diabetes Belum diketahui secara pasti bahwa ada banyak cara berolahraga untuk mengontrol gula yang bisa dilakukan di rumah. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan gula darah. Apa saja pilihan olahraganya?

Sebelum membahas lebih jauh, perlu diingat bahwa olahraga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Olahraga juga dapat membantu mencegah diabetes pada penderita diabetes.

Penderita diabetes tipe 2 sering kali memiliki terlalu banyak glukosa dalam darahnya. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin untuk memprosesnya atau tubuh tidak menggunakan insulin dengan baik. Olahraga dapat menurunkan glukosa darah untuk menjaga kadar gula darah yang sehat.

Penderita Diabetes Harus Tahu, Gula Darah Auto Turun Jika Konsumsi Makanan Ini

Olah raga mengontrol gula darah dengan meningkatkan sensitivitas glukosa sehingga otot dapat menggunakan insulin yang tersedia.Olahraga juga menyebabkan otot Anda berkontraksi, yang menyebabkan sel-sel Anda mengambil glukosa.energi, apapun yang mengandung insulin. Inilah alasan utama mengapa olahraga menjadi salah satu cara menurunkan gula darah.

Selain itu, olahraga dapat membantu penderita diabetes tipe 2 terhindar dari masalah jangka panjang, terutama penyakit jantung. Penderita diabetes dapat terserang penyakit jantung koroner (heart disease) yang dapat berujung pada serangan jantung atau stroke.

Pada diabetes tipe 2, aktivitas fisik merupakan bagian penting dari rencana pengobatan. Anda dapat mengontrol diabetes dengan lebih baik dan menjaga kadar glukosa darah Anda dalam kisaran yang tepat. Mengontrol kadar glukosa darah penting untuk mencegah komplikasi jangka panjang, seperti nyeri saraf dan penyakit ginjal.

Ada banyak olahraga yang dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Anda juga bisa melakukan kombinasi beberapa latihan, ini akan memberikan manfaat tambahan. Berikut ini daftar aktivitas bagi penderita diabetes yang dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Pola Cripe, Contoh Aktivitas Fisik Bagi Penderita Diabetes!

Jika Anda ingin memulai kebiasaan olahraga yang baik untuk mengontrol gula darah, jalan kaki bisa menjadi pilihan yang baik. Kegiatan ini tidak memerlukan alat atau perlengkapan yang rumit. Anda hanya membutuhkan sepatu dan tempat yang baik untuk berjalan, dan latihan ini bisa langsung diajarkan. Mulailah dengan berjalan-jalan pagi atau sore di sekitar rumah atau taman dekat rumah.

Diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan arthritis. Kondisi ini memiliki banyak faktor risiko yang sama, termasuk obesitas. Jika Anda mengalami nyeri sendi, pertimbangkan untuk memilih latihan berdampak rendah. Misalnya saja dengan bersepeda, latihan ini dapat membantu Anda mencapai tujuan kebugaran dan mengurangi stres pada persendian.

Alternatifnya, Anda juga bisa melakukan latihan ini dengan sepeda stasioner. Dengan menggunakan sepeda secara rutin, hal ini dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Yang terbaik dari semuanya, Anda bisa berolahraga dalam cuaca apa pun.

Pilates merupakan salah satu program olahraga yang sedang populer akhir-akhir ini. Latihan-latihan ini dirancang untuk meningkatkan kekuatan inti, koordinasi dan keseimbangan serta dikenal membantu meningkatkan pengendalian gula darah. Pertimbangkan untuk mendaftar kelas Pilates di gym setempat atau belajar melalui video instruksional dan buku.

Penderita Obesitas, Kenali Olahraga Yang Tepat Untuk Kembalikan Berat Badan

Yoga diketahui membantu mengurangi stres, mengurangi lemak tubuh, melawan resistensi insulin, dan meningkatkan fungsi saraf. Mengurangi stres juga penting, karena ketika tingkat stres Anda meningkat, kadar gula darah Anda juga meningkat. Selain itu, yoga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan mood.

Berenang bisa menjadi cara yang bagus untuk melatih jantung, paru-paru, dan otot Anda. Latihan ini merupakan olahraga yang baik karena tidak membebani persendian dan dapat membuat tubuh lebih fleksibel. Itu juga tidak membuat kaki Anda stres seperti berjalan atau berlari. Selain itu, olahraga jenis ini dapat membantu membakar kalori dan menyehatkan tubuh.

Mengangkat beban dapat membantu pembentukan otot sehingga dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar setiap harinya. Latihan kekuatan dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Jika Anda baru memulai, pertimbangkan untuk melakukannya dengan seorang guru. Anda dapat mengikuti kelas latihan beban atau meminta bimbingan dari pelatih kebugaran profesional. Hal ini penting untuk mencegah cedera saat mengangkat beban.

Tahukah Anda kalau menari bisa menjadi salah satu olahraga yang baik untuk menjaga kadar gula darah. Karena menari bukan sekedar untuk bersenang-senang, tetapi sangat baik bagi penderita diabetes. Bermain game juga dapat membantu daya ingat Anda tetap kuat, apalagi jika langkah dan urutannya sama setiap kali Anda bermain. Karena menyenangkan, menari bisa menjadi salah satu bentuk olahraga yang bagus untuk mengurangi stres.

Penderita Diabetes & Asam Lambung Ingin Diet? Ikuti Tips Diet Ini Supa

Tai chi adalah latihan Tiongkok kuno di mana peserta melakukan gerakan perlahan dan mantap dengan pernapasan dalam. Permainan ini baik untuk penderita diabetes karena memberikan hidrasi dan juga memiliki efek menghilangkan stres. Jenis olahraga ini menggunakan gerakan lambat dan terkontrol disertai visualisasi dan pernapasan dalam untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

Tai chi bisa menjadi olahraga ringan yang dapat membantu mengurangi stres, mengurangi risiko terjatuh, dan meningkatkan kualitas tidur. Tai chi dapat meningkatkan keseimbangan dan dapat mengurangi kerusakan saraf atau neuropati. Masalah umum pada diabetes adalah kontrol gula darah yang buruk.

Penting untuk berolahraga secara rutin, terutama jika Anda memiliki penyakit kronis seperti diabetes. Menjadi aktif dan melakukan latihan ini menurunkan gula darah dan tekanan darah, mengontrol berat badan, meningkatkan energi, menghilangkan stres, dan membantu tidur lebih nyenyak.

Jika Anda memiliki kondisi medis lain yang berhubungan dengan diabetes, Anda juga harus menemui dokter Anda. Hal ini untuk menghindari risiko latihan yang tidak tepat.

Olahraga Untuk Diabetesi

6 latihan untuk penderita diabetes. Diakses November 2020. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/living-with/great-exercises-for-people-with-diabetes/ 10 Latihan untuk Diabetes: Jalan kaki, yoga, berenang, dan lainnya . Diakses November 2020. https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/top-exercises Cara menurunkan gula darah dengan olahraga. Diunggah November 2020. https://diabetesstrong.com/how-to-lower-your-blood-sugar-with-exercise/ 5 Latihan Terbaik untuk Menurunkan Gula Darah dan Mengontrol Diabetes. Diakses November 2020. https://www.thehealthjournals.com/5-exercises-lower-blood-sugar/ melawan diabetes? Berikut adalah lima latihan terbaik di rumah untuk menurunkan gula darah dan mencegah penambahan berat badan. Diakses pada November 2020. https://www.timesnownews.com/health/article/fighting-diabetes-here-are-the-5-best-at-home-exercises-to-lower-blood-sugar-and -prevent – penambahan berat badan/592136 Sumber

Penting untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan Anda dapat berfungsi dengan baik. Selain pola makan yang sehat…Olahraga untuk diabetes dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga dapat membantu melawan diabetes.resistensi insulin.(SHUTTERSTOCK)

KOMPAS.com – Olah raga bagi penderita diabetes dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga melawan resistensi diabetes.

Gula darah tinggi atau hiperglikemia terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau menggunakan insulin dengan baik, yaitu hormon yang mengatur gula darah dan membantunya memasuki sel untuk menghasilkan energi.

Prinsip Diet Pasien Diabetes, Olahraga Hingga Asupan Tanpa Gula

Selain menurunkan gula darah, menurut Harvard Health Publishing, manfaat olahraga dapat membantu mengontrol berat badan, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan risiko stroke Kolesterol LDL dan trigliserida, meningkatkan kolesterol HDL yang sehat, memperkuat otot dan tulang, mengurangi kecemasan. , dan membaik. kesehatan umum. hidup dengan baik.

Sebelum mengetahui tentang olahraga untuk penderita diabetes dan olahraga, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Apalagi jika Anda belum pernah berolahraga.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang kemungkinan efek samping olahraga. Dokter Anda juga dapat memberi tahu Anda waktu terbaik untuk berolahraga dan manfaat kesehatan dari gaya hidup aktif.

Untuk kesehatan yang baik, para ahli merekomendasikan olahraga ringan selama 150 menit seminggu, seperti jalan cepat, berenang, atau bersepeda.

Olahraga Tepat Bagi Penderita Diabetes

Jika Anda menggunakan insulin atau obat lain yang dapat menyebabkan gula darah rendah (hipoglikemia), periksalah 15-30 menit sebelum berolahraga.

Jika Anda baru mengenal olahraga ini, mungkin ada pilihan untuk memulai karir Anda dengan berjalan kaki. Selain bisa dilakukan dimana saja, hanya berjalan kaki saja yang memerlukan sepatu.

Menurut Harvard TH Chan School of Public Health, metodenya

Buah yang cocok untuk penderita diabetes, waktu olahraga untuk penderita diabetes, susu yang cocok untuk penderita diabetes, olahraga penderita diabetes, olahraga yang baik untuk penderita diabetes, olahraga ringan untuk penderita diabetes, makanan yang cocok untuk penderita diabetes, olahraga yang cocok untuk penderita ambeien, buah buahan yang cocok untuk penderita diabetes, olahraga yang cocok untuk penderita jantung, olahraga untuk penderita diabetes, gula apa yang cocok untuk penderita diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *